KULIAH TAMU DENGAN PAKAR ONLINE MARKETING SEKALIGUS FASILITATOR GOOGLE GAPURA

Posted by Admin. Senin, 04 Desember 2017

Internet saat ini sudah menjadi kebutuhan pokok msyarakat luas. Selain digunakan untuk mendapatkan informasi, memperoleh hiburan, berjejaring sosial, Internet juga digunakan untuk proses jual beli. Proses jual beli secara online atau sering dikenal dengan online marketing ini lebih diminati masyarakat karena menyediakan kemudahan akses tanpa harus keluar rumah untuk mendatangi tokonya. Banyak sekali layanan yang disediakan di Internet untuk mewadahi toko-toko online ini.

Meskipun kemudahan dalam membuat dan menggunakan toko online, diperlukan strategi marketing yang baik untuk mempromosikan toko online tersebut. Menghadapi permasalahan tersebut, mata kuliah S1 Desain Komunikasi Visual STSRD VISI yaitu DKV 3, Media Sosial Periklanan, Pemasaran, Penulisan Teks mendatangkan dosen tamu yang memiliki kepakaran di dalam menjalankan toko online untuk mendapatkan ilmu salah satunya dalam hal pemasaran dan iklan yaitu Bapak Nunung Setyawan. Bapak Nunung merupakan fasilitator Google Gapura serta pemilik toko online dengan berbagai jenis usaha yang salah satunya hobiternak dot com menggunakan blog dalam melakukan jua beli online.

Dalam kuliah tamu hari Senin, 4 Desember 2018, Bapak Nunung memberikan banyak informasi. Mulai dari strategi dalam pemasaran online dengan memanfaatkan ‘apa’ yang sedang dicari warganet, menggunakan google trends untuk menganalisis trend terbaru, mendaftarkan toko online ke google bussiness, melakukan sinkronisasi dengan media sosial. Dalam usaha beliau, Bapak Nunung menggunakan blog untuk penjualan online. Untuk penjualan dengan memanfaatkan blog, Bapak Nunung memberikan tips supaya banyak-banyak membuat tulisan-tulisan di blog, minimal satu hari satu artikel tulisan. Beliau juga memberikan tips bagaimana menggunakan SEO (Search Enginee Optimation) yang diterapkan pada kata kunci setiap artikel atau postingan. Menurut Bapak Nunung, sosial media merupakan alat yang bisa dipakai untuk meningkatkan awareness pasar terhadap bisnis kita dan mendekatkan hubungan pemilik bisnis dengan pelanggan sehingga, beliau menyarankan jika mahasiswa STSRD VISI ingin melakukan penjualan secara online disarankan memiliki web khusus untuk bisnis dikembangkan.

Mahasiswa sangat antusias mengikuti kegiatan kuliah tamu ini. Internet, web, media sosial dan toko online adalah hal-hal yang setiap hari mereka kunjungi, sehingga acara ini sangat memikat. Terselenggaranya kuliah tamu ini diharapkan bisa mengembangkan pengetahuan dan kreativitas mahasiswa DKV STSRD VISI dalam berkarya untuk perubahan positif.