MENIMBA ILMU AUDIO VISUAL DARI PEMENANG YOUNG FILM DIRECTOR PINASTHIKA 2017

Posted by Admin. Jumat, 17 November 2017

Audio Visual sangat berkaitan dengan Desain Komunikasi Visual. Ianya merupakan kombinasi yang merujuk kepada penggunaan komponen suara (audio) dan komponen gambar (visual). Di STSRD Visi sendiri, Bapak Dwisanto Sayogo, M.Ds, merupakan dosen yang memiliki spesialisasi di bidang tersebut. Seperti pada semester ganjil ini, beliau mengampu Mata Kuliah Teknik Kamera dan Video Editing untuk mahasiswa S1, dan Mata Kuliah Produksi Video untuk mahasiswa D3.  

Mata Kuliah Teknik Kamera dan Video Editing berisi tentang pengajaran basic camera layaknya dalam pembuatan film indie. Mahasiswa diharapkan dapat membuat film pendek dengan alat minimal, tetapi hasil maksimal. Standar kurikulum S1 yang harus menguasai konsep, menjadi dasar agar pesan dari karya yang dibuat mahasiswa dapat disampaikan kepada audience dengan baik.

Mata Kuliah Produksi Video berisi tentang pembuatan video layaknya milik profesional. “Kemarin mereka itu bikin film pendek, film pendek yang ibaratnya sudah nggak ada celah lagi. Celah “oh ini yang bikin mahasiswa” atau ecek-ecek gitu” Tutur dosen yang akrab disapa Pak Yogo tersebut.   Harapannya mahasiswa dapat membuat baik video maupun film pendek dengan sinematografi yang baik.

Telling experience, menjadi pendekatan untuk mengundang dosen tamu dalam perkuliahan. Biasanya, dosen tamu yang diundang merupakan dosen ataupun praktisi yang sudah berpengalaman dalam materi perkuliahan yang akan disampaikan. Akan tetapi, Pak Yogo mengundang mahasiswa untuk mengisi materi sebagai dosen tamu. Harapannya dengan memberi contoh dari orang terdekat, membangkitkan motivasi mahasiswa bahwa merek juga bisa berkarya seperti seniornya.

Mohammad Noor Ariffin, mahasiswa semester 7, diundang untuk mengisi materi Mata Kuliah Teknik Kamera dan Video Editing. Mengisi 2 materi, Ariffin menjelaskan seputar Camera Hacking dan Pengetahuan tentang drone. Camera Hacking, berisi tentang penggunaan alat sederhana yang mendukung demi mendapatkan sudut pengambilan gambar yang bagus dan sesuai.  Materi tersebut disampaikan pada 26 Oktober dan 10 November 2017. Sementara pengetahuan tentang drone, berisi tentang beberapa teknis penggunaan drone itu sendiri.  Materi disampaikan pada 9 November 2017 di ruang kelas 3.6.

 

 

Untuk Mata Kuliah Produksi Video, Pak Yogo mengundang dua mahasiswa semester 7 yakni Ganesia Ardi dan Beni Pambudi. Ganes dan Beni, sudah beberapa kali ikut Pak Yogo dalam pembuatan video instansi pemerintahan. Berbekal pengalaman tersebut, mereka berdua mengisi materi mata kuliah dengan membahas review dari karya yang sudah dibuat. “Kejujuran Menentukan Masa Depan” merupakan salah satu dari empat video dalam project yang dipesan oleh Fakultas Kedokteran UGM.

Bertempat di ruang 2.2, Ganes dan Beni menjelaskan proses dari pembuatan video “Kejujuran Menentukan Masa Depan” pada 8 November 2017. Mulai dari pertemuan dengan klien, menerima brief, persiapan pra produksi, hingga talent directing. Selain itu, mereka juga menceritakan tentang kendala dari pembuatan video agar mahasiswa dapat mengatasi ketika dihadapkan dengan masalah yang serupa. Tak ketinggalan, Ganes dan Beni juga memberikan tips dalam pembuatan video tersebut.