KULIAH TAMU MEDIA SOSIAL PERIKLANAN OLEH DWI JUNIANTORO, S.Ds

Posted by Admin. Rabu, 15 November 2017

Media sosial merupakan sebuah media daring yang penggunanya dengan mudah bergabung dan melakukan sosialisasi atau komunikasi. Keberadaan media sosial yang sangat banyak dan beragam tidak bisa lagi dihindari jaman sekarang. Semua kalangan usia menggunakan media sosial. Bahkan Indonesia merupakan salah satu penyumbang pengguna media sosial yang besar di dunia.

Penggunaan media sosial ini sendiri tidak lagi hanya digunakan untuk pertemanan atau sosialisasi melainkan sudah meluas sampai digunakan untuk mempromosikan produk, acara bahkan berjualan produk. Media sosial untuk memperkenalkan produk atau acara atau dalam kata lain beriklan merupakan alat yang bisa menjangkau banyak kalangan di berbagai tempai di dunia. Menghadapi hal ini, mata kuliah Medis Sosial Periklanan S1 Desain Komunikasi Visual (DKV) Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain Visi Indonesia (STSRD VISI) yang diampu oleh Ipung Kurniawan Yunianto, M.Sn. dan Dian Prajarini, S.T., M.Eng. membahas bagaimana penggunaan, strategi, konten iklan yang baik dan tepat dalam periklanan di media sosial.

Selain memberikan materi berupa teori dan praktik, mata kuliah Media Sosial Periklanan ini juga memberikan pengalaman praktik dari seorang crative head dalam periklanan di media sosial. Selasa, 14 November 2017 mata kuliah Media Sosial Periklanan mengundang dosen tamu Dwi Juniantoro, S.Ds untuk memberikan kuliah tamu. Dwi Juniantoro yang sekaligus merupakan alumni DKV STSRD VISI angkatan 2012 bekerja sebagai creative head pada CV. Magic Skin yang khusus menangani konten iklan untuk media sosial Instagram perusahaannya.

 

Di awal kuliah tamu ini, Dwi Juniantoro menceritakan perjalanannya menjadi seorang creative head, bahwa 1,5 sampai 3 bulan pertama bekerja digunakan untuk meneliti tentang produk perusahaan dan pesaingnya. Pemikiran bahwa mendesain itu “waton wangun” itu salah, perlu ada proses meneliti dan menganalisis untuk mendapatkan desain yang tepat. Pada kuliah tamu ini Dwi Juniantoro memberikan langkah-langkah membuat konten iklan untuk dipasang di media sosial Instagram. Bahkan beliau memberikan contoh praktis membuat konten iklan di Instagram. “Buat iklan di media sosial yang benar-benar mau dilihat customer minimal 3 detik, kalau dilihat customer langsung klik atau membuat terngiang-ngiang” kata Dwi Juniantoro

Harapan dari kuliah tamu ini menurut Ipung Kurniawan Yunianto supaya mahasiswa mendapatkan pengetahuan di lapangan secara praktis mengenai cara perancangan iklan di media sosial efektif sesuai dengan kebutuhan pasar.