KULIAH TAMU “BAHASA RUPA” BERSAMA DALANG WAYANG BEBER GUNUNG KIDUL

Posted by Nakna. Jumat, 17 November 2017

Rabu, 09 November 2017, progam studi jenjang strata 1 Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain (STSRD) VISI menyelenggarakan kuliah tamu mengenai  “Wayang Beber”. Kuliah  tamu ini di adakan pada mata kuliah Bahasa Rupa yang diampu oleh Dwisanto Sayogo, M.Ds. dan Donna Carollina, M.Sn.  Selain dalam rangka untuk mengenalkan mahasiswa pada budaya lokal wayang beber, yang kini tinggal 2 di Indonesia- kuliah tamu ini diadakan juga demi menunjang materi teknik membaca gambar dalam satu panel , sebuah metode menggambar khas Nusantara.

Kuliah tamu ini menghadirkan pak Slamet Haryadi, seorang pemerhati kesenian dari Gunung Kidul sekaligus Dalang Wayang Beber  yang telah mencapai prestasinya hingga ke Mynamar dan Amerika. Dalam kuliah tamu ini, Pak Slamet menjelaskan tentang sejarah Wayang Beber dan nasib Wayang Beber dewasa ini, serta mengajarkan teknik pembawaan Wayang Beber. Menariknya, pak Slamet mencoba membawakan pementasan nya dengan dua bahasa, yakni bahsa jawa dan bahasa indonesia. Mahasiswa pun begitu antusias mengikuti penjelasan beliau.

Kuliah tamu ini merupakan salah satu keseriusan  STSRD VISI dalam melestarikan kearifan lokal dan mengajak para mahasiswa nya mengenal lebih perubahan dan kekayaan visual di Nusantara.