STSRD VISI di KMDGI XXI : Setapak Kan Tampak

Posted by Nakna. Senin, 06 November 2017

KMDGI XXI telah sukses diselenggarakan. Tahun ini, DKV Unika Soegijapranata Semarang terpilih menjadi tuan rumah diselenggarakan nya perhelatan akbar Kriyasana Mahasiswa Desain Grafis (KMDGI) XXI 2017, tepatnya di UTC Hotel Semarang. Acara yang terjadi hanya 2 tahun sekali berlangsung dari 2 sampai 4 November 2017 dan diikuti oleh 55 universitas di Indonesia, yang memiliki jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV). Mereka berkumpul  untuk bertukar pikiran, berdiskusi dan mengapresiasi karya atau konsep kreatif antar mahasiswa desain grafis atau desain komunikasi visual se-Indonesia. Kali ini, KMDGI XXI mengangkat tema kesetaraan- Udah Sama?.

Kamis, 2 November, tim delegasi KMDGI STSRD VISI 2017 sebanyak 17 orang, berangkat dari Yogyakarta ke Semarang untuk  loading karya di UTC Semarang. Tim KMDGI STSRD VISI 2017 sendiri mengusung karya bertajuk " SETAPAK KAN TAMPAK ". Karya ini merupakan wujud dari kepedulian mahasiswa STSRD VISI tentang menghargai perbedaan dan penolakan terhadap differensensi sosial. Di analaogikan dengan setapak demi setapak telapak tangan yang mampu menutupi papan hitam (isu negatif), jika dilakukan secara bersama-sama dan bertahap. Pesan yang ingin disampaikan yakni bahwa perbedaan mampu melengkapi satu sama lain. Dan hal itu di wujudkan dengan sebuah instalasi  karya yang dapat direspon langsung oleh  para pengunjung yang hadir.

Para pengunjung yang hadir pun begitu antusias dalam merespon instalasi karya. Beberapa dosen dan bahkan kurang lebihnya sebanyak 30 mahasiswa diluar dari tim delegasi pun turut menyambangi dan memeriahkan acara KMDG XXII. Pembongkaran karya berlangsung pada tanggal 4 November dan acara ini ditutup dengan penyerahan beberapa penghargaan dalam Awarding Night.