KULIAH TAMU "GRAFIS LINGKUNGAN" BERSAMA ALUMNI VISI

Posted by Admin. Kamis, 02 November 2017

Rabu, 1 November 2017 program studi Desain Komunikasi Visual jenjang Strata 1 Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain Visi Indonesia (STSRD VISI) menyelenggarakan kuliah tamu mengenai "Grafis Lingkungan". Kuliah tamu ini diadakan pada mata kuliah DKV V yang diampu oleh  Dwisanto Sayogo, M.Ds. dan Danu Widiantoro, M.Sn. Mata kuliah DKV V fokus pada grafis lingkungan. Mahasiswa yang mengambil mata kuliah DKV V diminta untuk terjun langsung ke masyarakat untuk menemukan permasalahan sosial apa yang terjadi yang bisa diselesaikan dengan desain grafis. Tujuan dari kuliah tamu ini agar mahasiswa bisa memberi pengaruf positif kepada masyarakat dengan melihat permasalahan sosial di masyarakat terutama permasalahan mikro dan bagaimana menyelesaikannya sesuai dengan keilmuan DKV.

Kuliah tamu kali ini menghadirkan Lukman Hidayat, S.Ds. dan Mugi Raharjo, S.Ds. yang juga merupakan alumni STSRD VISI sebagai dosen tamu atau narasumber. Dalam kuliah tamu ini, Lukman Hidayat, S.Ds. dan Mugi Raharjo, S.Ds.berbagi pengalaman, tips dan trik untuk bisa beradaptasi dengan masyarakat sehingga bisa melihat permasalahan yang terjadi dan menyelesaikannya dengan tepat sesuai dengan metode design thinking. Lukman Hidayat, S.Ds. dan Mugi Raharjo, S.Ds. juga menceritakan pengelaman mereka sewaktu menyelesaikan permasalahan di desa Pandowoharjo - Plalangan, Sleman yang di garap dan diselesaikan dengan desain grafis dan multimedia. Karya yang mereka buat kemudian diserahkan sepenuhnya kepada masyarakat desa Pandowoharjo - Plalangan, Sleman.

Sebagai alumni STSRD VISI, Lukman Hidayat, S.Ds. dan Mugi Raharjo, S.Ds. membuktikan bahwa tagline STSRD VISI yaitu "Creativity for Positive Changes" tidak hanya berupa tulisan yang dihafalkan, tetapi menjiwai dalam setiap karya mahasiswa DKV STSRD VISI. Hal ini dibuktikan dengan karya-karya yang mereka buat kemudian mendukung lomba Posdaya Desa seluruh Indonesia, yang berhasil membawa desa Plalangan mendapat peringkat 4 desa terbaik nasional.

Kuliah tamu ini merupakan salah satu bentuk keseriusan STSRD VISI untuk memberikan pengaruh positif kepada stakeholder yaitu masyarakat sesuai dengan tagline STSRD VISI yaitu "Creativity for Positive Changes".