PRESTASI MAHASISWA - LOMBA DESAIN/PERIKLANAN PINASTHIKA 2016

Posted by Admin. Jumat, 18 Agustus 2017

Pada  bulan November 2016, Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain Visi Indonesia (STSRD VISI) menerima hujan penghargaan yang membahagiakan dari Pinasthika Creativestifal XVII. Perhelatan acara tersebut merupakan gelaran kali ke-17 pada tahun 2016 ini dengan bertajuk "AWAKE ON", yang merupakan kata bermakna ambigu serta multi tafsir, ini bisa diartikan dalam dialek jawa sebagai AWAKE (tubuh yang sedang bersemangat), atau dalam bahasa inggris bermakna sadar. Kedua arti kata tersebut merepresentasikan kesamaan visi antara tubuh dan jiwa yang bersinergi untuk menjadikan kreativitas sebagai solusi. Adapun macam kategori yang dilombakan dalam event tersebut adalah; Print Ads Bawana dan Baskara, Young Film Director, Graphic Design dan Urban Idea.

Gelegar acara tersebut nyatanya juga mengusik kegundahan mahasiswa STSRD VISI untuk turut serta berkompetisi dan menjadi bagian dari sejarah Pinasthika Creativestival XVII. Pada perhelatan creativestival ini STSRD VISI untuk kali keduannya menerjunkan 6 tim mahasiswa dari beberapa angkatan mahasiswa aktif yaitu;

  1. Tim FLOWFLIP - Rakhmad Jaka P, M. Rizaldi Azzahraw, Guntur Putra, N Caesar Pasthika, Chrisma Disemberia, Panji Saputra dan Mugi Raharjo pada kategori Graphic Design, dengan sub kategori Tipografi, Packaging dan Icon Set, yang ketiganya berhasil meraih penghargaan Bronze.
  2. Tim TAKA – Rizky Wahyu Utomo, Azzahra Rachma, Dini Sabrina A, dan Wahyu Wijanarko pada kategori Urban Idea yang berhasil meraih penghargaan Gold.
  3. Tim PEKA Pictures - Ganesia A. Pamungkas, dan Beni Pambudi pada kategori Young Film Director yang berhasil meraih penghargaan Silver.
  4. Tim Wahyu Wijanarko, M. Noor Arifin, Amanda Novadistira N, Dini S. Awanis, Muh. Akmal dan M. Habibi Karyanto pada kategori Young Film Director yang berhasil meraih penghargaan Gold.
  5. Tim Hompimpah – M. Ikhsan Al Furqoni, Allan Azhar, Imam Santosa, Azwar Haq Al Hana dan Ilham Akbar pada kategori Graphic Design, dengan sub kategori art museum dan Icon Set, yang berhasil menjadi Finalis tunggal. 

Perlu diketahui bahwa semua penghargan yang diraih tim Award bukanlah kategori student awards, melainkan kategori Pro yang diikuti oleh pelaku industri kreatif seperti Ad Agency maupun Creative Studio, sehingga persaingan yang dihadapi sangat serius dan tidak main-main. Terlebih pula juri yang menyeleksi adalah pelaku profesional, seperti Lans Brahmantyo (Publisher Afterhours book), M. Arief Budiman (Cahirman PT. Petakumpet), Mediola Wiryawan (Creative Director Mediola Design), Ong Hari Wahyu (Senior Penggiat Seni) dan Yazied Syafa’at (co-Founder/Owner Srengenge), sehingga boleh dikatakan bahwa karya yang dihasilkan mahasiswa STSRD VISI bukan lagi karya ecek-ecek pemula yang sedang belajar namun sebagai karya yang sudah teruji dan berkualitas provesional.

Pencapaian ini merupakan "sesuatu" yang menjadi kebanggaan sekaligus kebahagiaan bagi seluruh keluarga besar STSRD VISI yang patut diapresiasi dan menjadi catatan Tim Award untuk meneruskan tadisi Juara di kemudian hari.