Mbandung & Njakarta : Anjangsana Kreatif 2017

Posted by Admin. Jumat, 16 Juni 2017

Begitulah peserta tahun ini menyebut istilah anjangsanya. Jarak 395,9 km dan 534,9 km dari Yogyakarta, sekiranya diharap dapat memberi suasana baru. Plipiran yang dianggap sekedar keren-kerenan saja untuk melepas penat dengan wisata sedikit jauha. Spontan mencatat hal luar biasa yang ditemui selama perjalanan.

Mbandung & Njakarta, diikuti oleh Mahasiswa S1 2014 dan D3 2015. Perjalanan yang berlangsung selama 4 hari tersebut diadakan pada 17-20 April 2017 silam. Untuk memenuhi kebutuhan akademik, juga cita-cita mahasiswa, beberapa biro iklan, jurusan DKV kampus lain, dan studio animasi menjadi objek tujuan. Sebanyak 93 mahasiswa dan 4 dosen pembimbing berangkat dari STSRD Visi pada sore 17 April menuju ke Jakarta. 

Setibanya di Jakarta, sebanyak 3 bus berpencar ke tujuan biro iklan masing-masing. Mullenlowe, Grey Advertising serta Leboye menjadi tujuan pertama. Di sana, mahasiswa banyak mendapat pengetahuan tentang berjalannya sistem perusahaan. Bagaimana perusahaan tingkat internasional menghadapi klien, hingga memasarkan produk atau jasa milik klien.

Sore hari, rombongan tiba di Gedung DKV Universitas Multimedia Nusantara (UMN). Kampus besar yang berlokasi di Serpong tersebut menjadi tujuan kedua. Diawali dengan “saling sapa” oleh tuan rumah dan tamu, kegiatan berlangsung dengan lancar. Mahasiswa turut mengetahui tentang perbedaan kurikulum STSRD Visi dan UMN. Tak hanya itu, peserta yang merupakan mahasiswa hampir tingkat akhir juga mendapat informasi tentang bagaimana skripsi maupun tugas akhir dilakukan. Studi banding sekaligus Creative Sharing ditutup dengan mengelilingi kampus yang berada di bawah naungan Kompas Gramedia tersebut.

Melewati macet dalam waktu yang tidak singkat, 3 bus tiba di Bandung pada tengah malam. Setelah beberapa jam beristirahat, Studio Animasi Dreamtoon menyambut kedatangan di kota kembang. Dengan karyanya yang sudah tak asing lagi yaitu Keluarga Somat, mahasiswa disuguhi proses bagaimana pembuatan animasi berseri yang ditayangkan di televisi.

Teriknya matahari siang mengundang rombongan untuk menghirup sejuknya udara Lembang. Dusun Bambu menjadi tujuan selanjutnya. Pemandangan alami dengan beberapa fasilitas yang tersedia membuat peserta betah untuk tidak pergi. Setelah berfoto di berbagai sudut tempat wisata, rombongan melanjutkan perjalanan menuju Cihampelas Skywalk. Plipir Bandung diakhiri dengan mengunjungi toko oleh-oleh pada malam hari. Dalam 10 jam, mentari Yogyakarta menyambut kepulangan Peserta Mbandung & Njakarta. 

Mbandung & Jakarta, menjadi pengikat tali persaudaraan bagi mahasiswa satu angkatan. Dengan kunjungan ke tempat-tempat yang sesuai dengan bidang perkuliahan diharap dapat member gambaran kepada mahasiswa sedikit banyaknya tentang industry yang mungkin akan ditekuni di masa depan.