Kunjungan Kementerian Pendidikan Malaysia di STSRD Visi Indonesia

Posted by Kanadiea. Selasa, 14 Maret 2017

Sebanyak 20 pengurus Kementerian Pendidikan Malaysia melakukan kunjungan ke STSRD Visi Indonesia. Kunjungan pada 9 Maret 2017 silam dilakukan demi studi banding kurikulum Seni Rupa dan Desain di Yogyakarta, khususnya di STSRD VISI. Pertemuan yang diadakan di Ruang Pranawa Jati 2 tersebut berlangsung dari pukul 10.00-13.00 WIB setelah sebelumnya pengurus Kementerian Pendidikan Malaysia melihat hasil karya mahasiswa Desain Komunikasi Visual (DKV) STSRD VISI yang dipamerkan di ruang GALERI VISI.

Pertemuan selama 3 jam tersebut membahas tentang penilaian dari tugas mata kuliah praktek.  Presentasi membahas tentang sistem penilaian di beberapa mata kuliah, seperti Tipografi, Gaya Desain Grafis, Komputer Grafis, Grafika dan lain-lain. Dari berbagai mata kuliah yang dipresentasikan, ditemukan 3 elemen penting dalam sistem penilaian, yakni teknis, kreatif; yang mana tentang ide, orisinilitas dan kebaruan, serta pesan, meski akhirnya elemen tersebut memiliki kadar nilai yang berbeda di setiap matakuliahnya.

Dari pertemuan tersebut ditemukan bahwa sistem penilaian yang diterapkan di STSRD VISI tidak jauh berbeda dengan yang diterapkan oleh Kementerian Pendidikan Malaysia. Namun, dari kesamaan tersebut, hal menariknya adalah mahasiswa Visi dinilai dapat menciptakan karya dengan baik. Berdasarkan interview dengan Bapak Dwisanto Sayogo, M.Ds. selaku Kepala Program Studi STSRD VISI  menyampaikan, hal tersebut berpengaruh dari lingkungan mahasiswa baik di dalam, maupun luar kampus. Tugas-tugas yang berkaitan dengan UMKM dan pariwisata, mendorong mahasiswa untuk lebih berinteraksi dengan lingkungan masyarakat.