#01 KELAS DUET DESAIN, STSRD VISI kolaborasi AKBER JOGJA

Posted by @Halo_Rani. Rabu, 22 Februari 2017

Yogyakarta merupakan kota yang memiliki ciri khas kebudayaan jawa yang kental di Indonesia, dimana dapat terlihat dari masyarakat yogya yang masih memakai pakaian adat jawa pada hari-hari tertentu. Yogyakarta sendiri sering disebut sebagai kota kreatif yang berbudaya, julukan ini tentunya bukan tiba-tiba saja terlahir melainkan julukan ini sudah melekat dari beberapa puluh tahun silam lamanya. Kota kreatif, kata kreatif, adalah sebutan yang dipakai oleh kampus STSRD VISI sejak tahun 2000an. Tagline yang digunakan oleh STSRD VISI yakni “Kreatifitas untuk perubahan positif”. Kata kreatif untuk perubahan positif pun dipakai oleh STSRD VISI untuk dapat memberikan dampak-dampak positif terhadap lingkungan sekitar baik dalam kebudayaan, Indonesia, ataupun keilmuan. Salah satu kegiatan positif yang dilakukan oleh STSRD VISI yaitu dengan berpartisipasi bersama Akademi Berbagi Jogja untuk menjadi volunteer tempat atau relawan tempat. Adanya hal positif ini membuat adanya partisipasi dosen STSRD VISI untuk menjadi bagian volunteer guru atau relawan guru yang bersedia berbagi ilmu yang dimiliki ke dalam kelas Akademi Berbagi Jogja.

14 Februari 2017, hari Selasa, tepat pada hari valentine merupakan ulang tahun Akademi Berbagi Jogja. Pada hari ini pula dosen-dosen STSRD VISI dengan semangat positif mencoba menularkan ilmu-ilmu yang dimilikinya ke dalam kelas kelas duet Akber Jogja, “#01 Kelas Duet Desain”. Adanya duet desain dari Nofria Doni Fitri, M.Sn dengan tema “Tips Memenangkan Lomba Fotografi” dan Budi Yuwono, S.Sos, M.Sn (Budi Cc-Line) dengan tema “Antimainstream Digital Editing” menghangatkan suasana kelas di tengah derasnya hujan kota Yogyakarta pada malam hari.

Keseruan tema yang dibawakan oleh dosen STSRD VISI pada ulang tahun akber membuat jalannya waktu terasa seperti kereta cepat jepang sinkansen. Oleh sebab itulah pada #01 Kelas Duet Desain kolaborasi Akademi Berbagi Jogja dengan STSRD VISI membuat waktu terasa sangat cepat hingga tidak merasakan malam semakin larut. Pertanyaan demi pertanyaan yang bermunculan karena ketertarikan pada tema serta rasa ingin tahu yang tinggi dari para Akberians (peserta kelas akademi berbagi) membuat kelas semakin aktif interaktif.

Berbagi hal positif merupakan salah satu alat pemicu yang mudah menyebar dan menular, karena pada dasarnya manusia diciptakan untuk melakukan hal baik atau positif. Pada kolaborasi yang pertama ini diharapkan STSRD VISI dapat menjadi bagian dari mesin penggerak perubahan positif bersama Akademi Berbagi Jogja di kelas-kelas berikutnya. Kreatifitas untuk perubahan positif dan berbagi bikin happy adalah kalimat-kalimat pemicu untuk perubahan Indonesia yang lebih baik. Salam kreatif, salam berbagi, mari berbagi kreatifitas bersama-sama kepada Indonesia.

Sampai jumpa di kelas berikutnya ;)

 

 

Nofria Doni Fitri, M.Sn saat berbagi tips kreatif memenangkan lomba fotografi

 

Budi Yuwono, S.Sos, M.Sn memberikan wejangan kreatif itu antimainstream (keluar dari zona nyaman)

 

Foto volunteer Akademi Berbagi Jogja, Ghani Faradha dengan dosen STSRD VISI, Budi Yuwono, S.Sos, M.Sn