Pameran Ready, Set, Go!

Posted by Kanadiea. Kamis, 29 Desember 2016

"Ready, Set, Go!"

Tentunya 3 kata tersebut sudah tidak asing lagi bukan? Kata yang biasa digunakan untuk kompetisi balapan ini menjadi inspirasi mahasiswa DKV VISI angkatan 2014 dalam mengangkat judul pameran. Pameran tugas UAS dari 3 mata kuliah tersebut memiliki mkna tersendiri di setiap katanya. "Ready" yakni Pameran Mata Kuliah Ilustrasi Digital mengangkat tokoh-tokoh yang selalu siap membantu masyarakat. "Set" merupakan pameran yang menonjolkan kualitas teknik grafika. Sementara "Go!" sendiri menjelajahi Jogja melalui buku-buku langka.

"Ready, Set, Go!" merupakan bentuk partisipasi mahasiswa DKV Visi dalam acara Passion of Youth yang diadakan oleh Komunitas Kongkow Creative. Berlokasi di lantai 3 Hartono Mall, acara ini berlangsung selama 2 hari, yaitu Rabu-Kamis, 28-29 Desember 2016.

 

Di slot pameran "Ready" pengunjung dapat melihat lebih dari 40 karya mahasiswa DKV Visi. Setiap karya terdiri dari poster, buku yang berisi penjelasan juga bentuk masing-masing karakter itu sendiri. Buku yang tak berbentuk buku pula menjadi keunikan tersendiri bagi karya tersebut. "Sing aneh-aneh pokokmen sak bahagiamu" begitu kata Bapak Ipung Kurniawan ketika memberi brief tentang perancangan bentuk buku pada mahasiswa di awal semester dulu.

"Set" yang justru terlihat di slot pameran paling depan, menampilkan kaos-kaos hasil karya mahasiswa Produksi Grafika. Berbeda dengan semester lalu yang menggunakan teknik sablon, kali ini mahasiswa menggunakan transfer paper dan teknik press. Sehingga warna desain yang dihasilkan tidak hanya terbatas blok saja, tetapi bisa warna-warni dengan gradasi.

 

Pengunjung Passion of Youth juga dapat menjelajahi Jogja melalui buku-buku visual si stand pameran "Go!". Buku visual sendiri berarti buku yang memiliki lebih banyak visual, baik foto maupun ilustrasi dibanding tulisannya. mahasiswa memang dilatih untuk bermain tata letak dalam membuat buku-buku tersebut. Berbagai buku langka (karena dicetak sangat terbatas) yang bertemakan Jogja ini mempunyai macam-macam genre mulai dari wisata, kuliner sampai budaya. Bahkan pengunjung dapat memesan buku yang sekiranya diminati di stand ini.

Soft Opening acara Passion of Youth dibuka pukul 13.00 WIB, dilanjutkan dengan beragam acara dari art perform sampai Creative Sharing. Sementara Grand Opening yang diadakan pukul 19.00 WIB pula, secara resmi dibuka oleh Bapak Arif, perwakilan dari Dagadu. Passion of Youth juga diramaikan oleh stand-stand souvenir, jajanan dan lain-lain.

Pengunjung yang tak sempat hadir di pameran Ready, Set, Go! kemarin ridak perlu khawatir. Pameran masih berlanjut di lantai 2 dan 3 kampus STSRD VISI.