KULIAH DOSEN TAMU "PERANCANGAN BALIHO TAMAN PINTAR"

Posted by Admin. Rabu, 04 Januari 2017

Mata kuliah Desain Lingkungan S1 Desain Komunikasi Visual (DKV) semester 3 STSRD VISI pada hari Selasa, 6 Desember 2016 mendatangkan dosen tamu untuk memberikan materi kuliah. Dosen tamu yang diundang kali ini adalah Novan Edo P, S.Ds., beliau adalah alumni DKV STSRD VISI tahun lulus 2016 dan sekarang bekerja di Taman Pintar Yogyakarta.

Materi kuliah dosen tamu ini mengangkat judul “Perancangan Baliho Taman Pintar”. Tujuan dari kuliah dosen tamu ini adalah memberikan wawasan kepada para mahasiswa DKV STSRD VISI yang mengambil mata kuliah Desain Lingkungan tentang perancangan baliho di luar ruangan dengan mempertimbangkan aspek informasi yang diselaraskan dengan tingkat keterbacaan informasi.

Novan Edo P, S.Ds. memberikan materi mengenai pertimbangan-pertimbangan yang perlu diperhatikan dalam merancang baliho yang dipasang di luar ruangan, antara lain harus memahami identitas client dan target audience atau orang-orang yang membaca baliho tersebut. Selain menyampaikan materi, Novan Edo P, S.Ds. juga menyampaikan sharing mengenai pengalaman dan kendala-kendala yang dihadapinya saat merancang baliho untuk Taman Pintar.

    

Menurut Novan Edo P, S.Ds., kendala-kendala yang biasanya dihadapi pada proses perancangan baliho dengan client antara lain bagaimana meyakinkan client atas desain yang dibuat dan bagaimana mengkomunikasikan hasil desain kepada client sehingga client paham kenapa desain dibuat sedemikian rupa. Inti dari perancangan baliho luar ruangan ini adalah bagaimana informasi-informasi penting bisa samoai dengan tingkat keterbacaan tinggi sesuai dengan identitas client.