CREATIVE SHARING CLASS TIM STSRD VISI PEMENANG PINASTIKA 2016

Posted by Kanadiea. Rabu, 16 November 2016

Masih memberi kehangatan dalam dinginnya musim hujan di bulan November, dengan kabar tentang penghargaan Pinasthika yang diraih oleh partisipan dari STSRD Visi. Agar "kacang tak lupa kulitnya", diadakanlah Creative Sharing oleh tim-tim pemenang. Acara berlangsung pada hari Selasa 15 November 2016 tersebut bertempat di Ruang Cakra Baskara STSRD Visi. Creative Sharing diawali dengan sepatah kata dari Bapak Ipung Kurniawan, M.Sn. selaku dosen pembimbing.

Tim Flowflip yang beranggotakan Rakhmad Jaka P, M. Rizaldi Azzahraw, Guntur Putra, N Caesar Pasthika, Chrisma Disemberia, Panji Saputra dan Mugi Raharjo ini memulai sharing kesuksesan mereka meraih 3 penghargaan dalam Pinastika Creative Festival 2016. Tim Flowflip meraih 3 Bronze dalam Kategori Graphic Design, untuk sub-kategori Typography, Icon Set dan Packaging tersebut memulai acara dengan berbagi proses pembuatan karyanya. Karya yang pada awalnya merupakan tugas DKV 5, City Branding, mengangkat tema Desa Wisata Kasongan. Proses pembuatan karya dijelaskan secara detail mulai dari awal survei desa wisata, mencari data verbal dan visual, stilisasi data visual, hingga perancangan desain untuk setiap komponen yang dibutuhkan.

Sharing dilanjutkan oleh Tim Taka. Tim yang beranggotakan Rizky Wahyu Utomo, Azzahra Rachma, Dini Sabrina A, dan Wahyu Wijanarko ini memenangkan Gold di kategori Urban Idea. Peringatan Hari Diabetes sedunia, ditambah dengan makanan-makanan khas Yogyakarta yang manis-manis, menginspirasi tim ini untuk mencoba mencari solusi bagi penderita yang berdomisili di Kota Yogyakarta. Berlokasi tepatnya di daerah Kotabaru, ditemukan permasalahan lain berupa kurangnya pemanfaatan ruang publik. Berdasarkan masalah-masalah tersebut lahirlah solusi bernama Kalo Free, yakni campaign yang berguna untuk pemanfaatan ruang publik dengan cara menambahkan unsur visual pada trek jogging di sekitar Kridosono.

Tim dari STSRD VISI juga turut meramaikan kategori Young Film Director. Sutradara Ganesia Ardi, karyanya berhasil meraih Silver. Bertemakan “Hemat BBM”, Ganesia Ardi dan Beni Pambudi mengangkat permasalahan jam makan anak kos. Ketika jam makan, dibandingkan tiap anak kos harus pergi untuk membeli makan sendiri-sendiri menggunakan kendaraan, akan lebih hemat jika membudayakan titip kepada salah satu anak kos untuk membelikan makan. Mengangkat judul "Titip Bikin Irit" dan pengaturan storyline sedemikian rupa, menghasilkan unexpected ending yang menarik.

Masih dalam kategori Young Film Director, tim yang disutradarai oleh Wahyu Wijanarko berhasil meraih Gold. Dengan tema yang sama, Wahyu Wijanarko, M. Noor Arifin, Amanda Novadistira N, Dini S. Awanis, Muh. Akmal dan M. Habibi Karyanto melakukan proses pra-produksi yang cukup panjang, mulai dari banyaknya ide judul, survei lokasi-lokasi, pembuatan storyboard, akhirnya tim ini mengangkat judul dengan sedikit menampilkan masalah, dan menawarkan solusinya. Sehingga ditemukanlah judul "Naik Bis". Karya tersebut menampilkan beberapa pengalaman baru yang hanya ditemukan jika orang naik bis.  

Creative sharing ini dihadiri oleh banyak mahasiswa mulai dari mahasiswa baru sampai mahasiswa tingkat akhir. Diharapkan, dengan adanya creative sharing ini, mahasiswa DKV STSRD VISI mendapatkan tambahan pengalaman dan membuka ide-ide kreatif sehingga akan muncul banyak tim kreatif baru yang akan mengikuti Pinastika tahun selanjutnya atau ajang-ajang perlombaan kreatif periklanan lainnya.