Pameran Tugas Akhir Program Profesi Fotografi (PPF) Tahun Akademik 2015-2016

Posted by Kanadiea. Rabu, 22 Juni 2016

Siswa Program Profesi Fotografi (PPF) STSRD Visi Indonesia menyelenggarakan pameran tugas akhir. Dengan jumlah 10 siswa, pameran tugas akhir PPF bertempat di ruang kelas 1.1 Cakra Baskara dan lantai 2 STSRD Visi, pameran berlangsung dari tanggal 20-27 Juni 2016. Tugas akhir merupakan karya akhir dari siswa PPF yang dikerjakan pada semester 4 masa perkuliahan, dengan bekal teori-teori yang telah diberikan pada 3 semester sebelumnya. Siswa PPF dipantau oleh dosen pembimbing dalam pengerjaan tugas akhir selama satu semester. Mereka diperbolehkan memilih bidang yang mereka sukai, dengan harapan tugas akhir dapat menjadi awal bagi karir siswa PPF setelah lulus nantinya. Bidang yang dipilih oleh siswa-siswa PPF tahun ini adalah food photography, dan fashion. Dalam bidang food photography sendiri, ada yang memilih masakan oriental, jajanan pasar, dan makanan khas jawa tengah. Sementara bidang fashion sendiri, siswa ada yang memilih modeling, street photography, dan lain-lain.

Persyaratan tugas akhir PPF yaitu 15 foto khusus tugas akhir, yang tidak boleh sama satu sama lain. Untuk ukuran display foto sendiri, masing-masing foto berukuran minimal  12R. Penilaian tugas akhir di antaranya terdiri dari karya, kelengkapan, kreatifitas dan kecakapan verbal. Bagi 2 orang siswa berkebutuhan khusus (read:tuna rungu.red), sidang tugas akhir dilaksanakan dengan media tulisan, sehingga kategori kecakapan verbal tidak termasuk dalam kriteria penilaian. Tanggapan dari orangtua siswa tersebut baik sekali, karena anaknya sudah berkembang pesat setelah 2 tahun kuliah di PPF.

Karya terbaik tugas akhir PPF muncul dari proses, hasil pengerjaan serta presentasi yang baik. Diraih oleh Kurniawan Sofyanto, ia menggunakan eksperimen fashion rider, yaitu fashion yang dikenakan oleh pengendara motor. Lokasi yang dipilih, model pemotretan, serta presentasi tentang foto-fotonya cukup baik, sehingga layak menjadikan karyanya sebagai karya terbaik tugas akhir. 

1 karya tugas akhir setiap mahasiswa PPF turut dipamerkan di Galeri STSRD Visi, untuk mengikuti pameran karya terbaik T.A. 2015-2016 STSRD Visi Indonesia.