100 Layang-Layang Pancasila Sinergi Memupuk Semangat Kebangsaan STSRD VISI dengan PPM Aswaja Nusantara Mlangi & Lesbumi

Posted by Admin. Jumat, 01 Juni 2018

Dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila, 1 Juni 2018, Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain Visi Indonesia (STSRD VISI) bersama Lembaga Seni dan Budaya Muslim Indonesia (Lesbumi) Pengurus Wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta beserta PPM Aswaja Nusantara Mlangi menyelenggarakan kegiatan bersama. Kegiatan tersebut antara lain menerbangkan 100 layang-layang Pancasila dan Tausiyah Kebangsaan “Refleksi Pancasila dalam Generasi Milenial” di PPM Aswaja Nusantara Pusat, Mlangi, Gamping, Nogotirto, Sleman, Yogyakarta, pada 1 Juni 2018 mulai pukul 15.30 WIB sampai selesai. Tausiyah Kebangsaan diisi oleh M. Mustafied dari PPM. Aswaja Nusantara. 

Acara ini dimulai dengan menerbangkan 100 layang-layangPancasila oleh mahasiswa STSRD VISI, santri PPM Aswaja Nusantara, Lesbumi dan masyarakat sekitar di lapangan yang berada dekat dengan PPM Aswaja Nusantara. Penerbangan 100 layangan Garuda Pancasila ini merupakan bagian dari mata kuliah Media Eksperimental dan DKV 4, yang pada dasarnya bermaksud mendekatkan praktik desain komunikasi visual dengan nilai-nilai yang tumbuh di masyarakat. Media layangan dipilih karena sudah dikenal sejak lama sebagai jenis mainan yang akrab dengan keseharian hidup masyarakat Indonesia. 

Dengan memakai layang-layang sebagai medium komunikasi untuk menyampaikan pesan, mahasiswa berserta para santri yang ikut menerbangkan layangan Pancasila ingin memaknai Pancasila sebagai sendi-sendi hidup kebangsaan yang membentuk  pengalaman hidup kemasyarakatan. Dengan demikian, acara ini tidak hanya diletakkan dalam tataran teoretik, melainkan juga tataran praktik komunikasi yang tidak menjauhkan dunia akademis dengan masyarakatnya.