KULIAH TAMU KEWIRAUSAHAAN : Creative Preuneur in the Disruptin Era

Posted by Nakna. Senin, 21 Mei 2018

Teknologi yang kian maju, mempengaruhi pergerakan manusia, Salah satunya dibidang ekonomi. Dengan munculnya kecanggihan tersebut, kebutuhan akan SDM dalam perekonomian mulai menurun, karena digantikan dengan robot-robot yang bermunculan. Dewasa ini pun, sebagian besar orang sudah menggandrungi bisnis online, dimana baik penjual dan pembeli, tak harus bertatap muka untuk melakukan transaksi. Dimana memanggil ojek, tinggal mengusap layar,  & ingin mentransfer uang tidak perlu mengantri di Bank. Cukup mengusap layar, segala transaksi sudah terselesaikan dalam beberapa menit saja. Sebagian orang yang mampu beradaptasi, tentu menyambut baik hal ini karna dinilai memudahlkan dalam beraktivitas, namun bagaimana dengan sebagian yang lain, yang kurang mampu beradaptasi cepat dengan fenomena online tersebut?

Untuk itu, Senin, 7 Mei 2018, STSRD Visi mengadakan kuliah tamu Kewirausahan tentang “ Creative preneur in the disruption Era “  bersama  Mas Kurniawan, selaku Owner dan product designer Cera production.com serta Riz-Holiday & Travel. Bagi mas Kurniawan, siapa pun yang ingin terjun kedunia creative preuneur harus  memiliki inovasi produk maupun strategi dan mampu membaca peluang akan pasar, terlebih kini dunia sudah memasuki era distruption. Dimana pesaing mulai ratusan bahkan ribuan. Lengah sedikit, akan segera gulung tikar. Maka mengimbangi dengan realita tersebut, Alumni STSRD Visi angkatan 2006 ini juga membagikan kunci dalam berwirausaha kepada mahasiswa yang hadir. “ Kunci usaha itu ada tiga, pertama kalian harus memiliki mindset yang kuat diiringi dengan kemampuan management yang baik, kedua good attitude, ini sangat mempengaruhi terhadap penerimaan client. Sesuaikan pakaian maupun sikap. Dan yang terakhir konsistensi. Ini yang lumayan berat, karena dalam berwirausaha pasti banyak jatuhnya dari situ kita belajar, makanya jangan menyerah. “ Ulas Mas Kurniawan.

Mahasiswa pun sangat antusias mengikuti perkuliahan ini. Bagi mereka ini merupakan informasi yang penting. Terselenggaranya kuliah tamu ini, harapanya mahasiswa dapat mendapatkan wawasan baru dan  mengambil pengalaman nyata dunia kewirusahaan era kini. Salam creative preuneur Muda!

                         

     Berbincang.(Dari kanan) Pak Kurniawan, Pak Budi Yuwono,M.Sn & Pak Arsita Pinandita,M.Sn | Foto bersama.