Pameran Warming Up Mahasiswa Visi Angkatan 2017

Posted by Happy Rotation. Jumat, 04 Mei 2018

Seperti halnya sebelum berolahraga, sangat penting untuk melakukan pemanasan. Berangkat dari semangat dan kerjasama Mahasiswa STSRD VISI Angkatan 2017 mengadakan Pameran Warming Up yang telah berlangsung sejak tanggal 21-27 April 2018 di Galeri Visi. Pameran ini dibuka secara simbolik dengan pemotongan pita yang dilakukan oleh Pak Arsita Pinandita, M.Sn.

Dalam sambutannya Pak Dito memaparkan, “salah satu gambar atau visual itu bisa disebut sebagai karya ketika dia sudah dipamerkan. Hasil akhir dari pameran bukan bagus-bagusan karya, tapi apresiasi”. Nah, pameran Warming Up inilah sebagai bentuk perwujudannya. Mengangkat “Sosial Incident" sebagai tema tentunya sangat menarik, apalagi dengan berbagai kejadian sosial yang terjadi pada zaman now, begitu istilah masa kininya.

Karya yang dipamerkan pun beraneka ragam medianya, selain lukisan, photography dan drawing yang terpajang di dinding, karya instalasi yang mengisi di beberapa sudut Galeri Visi menjadikan pameran lebih hidup.

Karya Nafia Wahdini Haqqu, berupa maneken yang memakai baju dan caping menutupi kepalanya, ditambah unsur karung goni disisi kiri. Juga karya Putu Bayu Andika yang berjudul “let’s peace” sebuah intalasi dua buah pistol mainan yang digantung dengan pipa selang. Tidak sampai disitu, karya ini tampil dengan penuh totalitas yang mana dibawahnya tersusun bunga-bunga yang membentuk lambang damai.

Taufix dan Ndaru pun tak mau kalah dengan mix medianya. Berbagai bungkus sampah minuman dan makanan yang seakan-akan meluap dari dalam tanah, sementara diatasnya terdapat visualisasi pohon dibagian kiri. Karya ini dikemas dalam neon box belatar gelap, sehingga jika dihidupkan akan terfokuskan pada kemasan yang meluap.

Untuk karya dua dimensi, manual drawing karya Fikri Brilian Tabah dengan media papan skateboard yang berjudul “transgender” terinspirasi dari maraknya tren operasi kelamin, yang menggambarkan evolusi dari kera hingga lelaki berpostur wanita. Dan masih banyak karya menarik lainnya yang dipamerkan.

Selain pameran, ada juga live graffity diatas media plastik berukuran 2x1,5 meter yang digarap oleh Yusron Sidi. Bertuliskan tulisan Warming Up dengan warna cerah bersahabat dan menggambarkan keakraban. Dilanjutkan visual&video Mapping oleh Fathur Rizqi Sugista (Cuyun) dengan durasi 45 menit yang pancarkan ke Panggung musik.

8 pertunjukkan musik dari beberapa band asal Jogjapun ikut memeriahkan pembukaan pameran. Ditambah antusias pengunjung yang datang mengikuti rangkaian acara hingga selesai.

Aditya Andinov selaku ketua panitia bersama teman-teman Mahasiswa Visi Angkatan 2017 berharap Pameran Warming Up menjadi pameran pertama yang nantinya akan dilanjutkan oleh angkatan berikutnya dengan mengusung tema yang berbeda-beda dan tentunya harus lebih dari sekedar pemanasan.

Salam olahrasa!