Study Tour 2018 : Visi Melipir ke Bali

Posted by Nakna. Sabtu, 28 April 2018

Perjalanan rutin tahunan guna menambah wawasan dan pengalaman sembari jalan-jalan melepas penat telah usai diselenggarakan. Senin pagi, 16 April 2018 sebanyak 90 mahasiswa jenjang S1 2015 dan D3 2016 beserta 4 dosen pendamping  STSRD Visi Indonesia, bertolak dari Yogyakarta ke Bali. Perjalanan yang berlangsung 5 hari ini, yakni 16-20 April ini mengunjungi berbagi tempat, mulai dari tempat industry, intitusi, hingga desa adat di Bali.

Untuk kunjungan, meliputi Bali Creative Industry Center (BCIC), Bogbog Bali, DKV ISI Bali, Bali Culture Center (BCC), desa Penglipuran dan Pantai Pandawa. Banyak hal baru yang terekam dalam memori perjalanan kemarin mulai penjajakan terkait progam diklat di BCC, Info terkati magang di BCIC, Ide-ide kritis nan kreatif di Bogbog bali hingga nuansa DKV dengan budaya yang kental di DKV ISI Denpansar. Namun, dari seluruh tempat yang dikunjungi Desa Penglipuran merupakan tempat favorit dan paling berkesan. Salah satu alasan dari seorang mahasiswa aktif semester 6, M.Rifa’i yang mengagumi  desa Penglipuran, karena keterbukaan masyarakatnya dengan masyarakat luar, namun tetap memegang teguh adat istiadat yang mereka yakini. Dan itu sangat menginspirasinya.

Memiliki pendapat yang serupa dengan mahasiswa nya, salah satu dosen pendamping, Ipung Kurniawan, M.sn menambahkan pendapatnya dari kaca mata sebagai pengajar terkait perjalanan study tour kemarin. “Study tour kemarin menarik karena ada kunjungan ke desa wisatanya, sehingga ada kolerasi dengan kuliah DKV 5. Dimana  bagi mahasiswa sendiri bisa menjadi tempat rujukan terkait strategi kreatif apa yang akan dilakukan untuk tugas DKV 5 nantinya, salah satunya di desa Penglipuran dan BCC” ulasnya.

Bagi Pak Budi Yuwono S.SoS, M.Sn sebagai ketua bidang Kemahasiswaan, study tour merupakan perjalanan dan sarana untuk mahasiswa dapat melihat kasus dan pembelajaran nyata yang mungkin tidak akan didapatkan dalam bangku perkuliahan dikampus.

Perjalanan ke Bali kemarin sangat memberi kesan yang mendalam bagi mahasiswa maupun dosen STSRD Visi Indonesia yang berkunjung. Memberikan pembelajaran dan pengetahuan  yang dapat menjadi bekal untuk mahasiswa menghadapi masa depan di industry kreatif yang nyata nantinya.

 

                        

                                                                 Antusias mahasiswa berkunjung ke Bogbog Bali

                                              

                                               Kunjungan ke BCIC                        Suasana ketika menyebrang ke Bali