MAHASISWA DKV VISI MENGISI WORKSHOP DI SMSR JOGJA

Posted by Happy Rotation. Jumat, 06 April 2018

Sebagai salah satu bentuk perwujudan dari slogan Creativity For Positive Changesyang telah menjadi komitmen bagi civitas akademika untuk mampu menciptakan karya yang kreatif, aplikatif dan mampu memberikan sumbangsih positif bagi masyarakat luas, maka pada pameran “Ikat Rambut” yangtelah diadakan oleh SMSR Angkatan 2020pada tanggal 27-29 Maret 2018 di Galeri Sasana Rupa SMSR, selain kemeriahan art exhibition dan live music, pada hari kedua diadakan CREATIVE SHARING DAN WORKSHOP yang tak kalah serunya oleh 4 orang Mahasiswa STSRD VISI yaitu Lintang Dewi Prasistiya, Eba Catra Nimpuna, M Najikhul Umam, Mega Kusvitaningrum.Workshop yang diikuti oleh mayoritas siswa kelas 10 yang tergabung dalampanita Pameran “Ikat Rambut” ini berlangsung di Pendopo SMSR dengan berlesehansehingga lebih santai dan sangat komunikatif.

Menjadi pengalaman pertama Lintang sebagai pembicara,karena dapat membagikan ilmu yang bermanfaat kepada orang lain dansangatlah menyenangkan baginya. Pada acara ini Lintang memberikan materipenggunaan Adobe Illustrator sebagai program editor grafis (berbasis vector) dalam membuat suatu desain, ilustrasi maupun untuk pembuatan logo. Selain teori Lintang juga memperlihatkan pula hasil pengaplikasian dari teori tersebut.

Bahkan, respon audiensi yang sangat berantusias untuk menanyakan hal terkait dengan materi workshop menjadi penyemangat untuk Lintang sendiri. Ada yang menanyakan cara untuk menjual suatu desain atau karya kepada orang lain. Danada pula pertanyaan yang paling menarik diajukan salah seorang siswa, yaitu Bagaimana Membuat Konsep dalam Mendesain. Pentingnya menentukan dan mematangkan konsep sebagai ide dasar acuan yang mendasari logika, pemikiran serta penalaran untuk bagaimana seorang desainer dalam mendesain. Konsep yang nantinya akan menyebabkan memunculkan opsi-opsi lain pada saat mendesain di program.

Selain menjadi mahasiswa aktif di semester 6 Lintang juga menjadi Asisten Dosen pada mata kuliah Tipografi Aplikatif, sehingga Lintang sangat mengerti berbagai gaya desain dan pengaplikasian tata letak dalam mendesain.

Dari workshop ini Lintang berharap siswa SMSR terkhususnya jurusan DKV, dapat lebih mengoperasionalkan penggunaan Adobe Ilustrator dalam mendesain dan juga ada pandangan untuk melanjutkan jenjang yang lebih tinggi setelah lulus agar lebih siap dan matang ketika berhadapan langsung dengan dunia industri.