Creative Sharing "Konten Media di Era Online"

Posted by Admin. Jumat, 02 Maret 2018

Dalam rangkaian Program Pameran 'TIPIS - TIPIS' 4 (empat) Kampus DKV Jogja yaitu  STSRD VISI, DKV ISI, MSD dan POLISENI, Jumat, 2 Maret 2018 bertempat di Ruang Pranawajati 1 STSRD VISI berlangsung acara Creative Sharing dengan tema 'Konten Media di Era Online'. Creative Sharing ini bertujuan untuk menjawab perkembangan media digital atau online yang sudah merambah berbagai bidang, salah satunya adalah periklanan terutama bagi mahasiswa DKV. Perkembangan digital di segala bidang kehidupan, membuat dan menciptakan kebiasaan baru dimana masyarakat akan lebih intens berinteraksi dengan dunia digital melalui media-media digital.

Perkembangan media digital yang mulai beragam mampu memberikan informasi, kenyamanan, kesenangan baru bagi penggunanya, sehingga media-media konvensional dalam bentuk cetak cenderung ditinggalkan. Menghadapi tantangan ini dalam dunia periklanan, acara Creative Sharing ini menghadirkan 2 (dua) pembicara yang berkecimpung di media digital. Pembicara pertama adalah Karina Rima Melati, M.Hum. dosen periklanan STIKOM 'AKINDO' Yogyakarta. Pembicara kedua adalah Anton Lele, social media planner Mara Advertising dan FSTVLST.

Karina dalam workshop ini menyampaikan bahwa revolusi media digital dan media sosial mengubah pola komunikasi, konten saat ini menjadi obyek utama. Selain itu, Karina juga menyampaikan bahwa dunia digital membentuk sebuah peradaban baru dengan netizen sebagai nama warganegaranya. "Seperti halnya pada akhir abad 19 revolusi industri dengan kerja mekanisnya menggantikan tenaga manusia, pun sekarang kita dihadapkan pada dinamika peralihan pola hidup yang terpusat pada produktivitas konten yang kita ciptakan sebagai ‘means production’" ujar Karina.

Anton Lele sebagai person yang memegang konten media sosial Mara Advertising dan Band papan atas FSTVLST, membagikan pengalaman beliau selama 10 tahun menekuni bidang kontek iklan di media sosial. Anton menuturkan, berdasarkan pengalamannya memegang media sosial dan membuat clientnya terkenal secara dunia digital dan pada akhirnya terkenal di dunia nyata, diperlukan strategi untuk membuat konten di media digital, konten kreatif. Selain itu, user engagement dan influencer diperlukan untuk meningkatkan hubungan antara user dengan pemilik akun media sosial.

Peserta workshop yang berasal dari 4 (empat) kampus DKV Yogyakarta antara lain STSRD VISI, DKV ISI, MSD dan POLISENI sangat antusias mengikuti acara ini. Peserta sangat menyadari tentang tantangan di era digital ini sehingga beberapa pertanyaan sebagai tanggapan keseriusan peserta ditanyakan kepada pembicara, sehingga sesi tanya jawab antara peserta dan pembicara berlangsung dengan intents.

Diadakannya acara workshop ini diharapkan membuka wawasan mahasiswa DKV dalam menjawab kebutuhan di era digital. Selama menjalani perkuliahan, mahasiswa bisa menganalisis, mengikuti perkembangan media digital dan menggunakannya dengan lebih baik terkait dengan dunia DKV. Setelah lulus dari jurusan DKV, mahasiswa diharapkan tidak tertinggal dari lajunya perkembangan digital tetapi sudah siap dan bijak menggunakan media digital.