Balai Pendidikan Dan Pelatihan Industri Denpasar atau BCIC - BDI (Bali Creative Industry Center - Balai Diklat industri Denpasar), Bekerjasama STSRD VISI dalam Penyusunan Kurikulum Diklat Program Keahlian Desain Grafis

Posted by Admin. Rabu, 28 Februari 2018

Tingginya permintaan industri percetakan dan biro periklanan terhadap kebutuhan tenaga teknis yang berkaitan dengan industri desain grafis komunikasi visual, ternyata tidak dibarengi dengan ketersediaan tenaga ahli. Meski sudah ribuan lulusan Desain Komunikasi Visual (DKV) siap kerja dari perguaran tinggi baik yang diselenggarakan PTN maupun PTS telah tersedia, kendati demikian belum semuanya mampu memenuhi kebutuhan industri. Fenomena tersebut menjadi perhatian serius bagi Kementrian Perindustrian Republik Indonesia (RI), sehingga Kementrian Perindustrian RI dengan Pelaksana Kegiatan Direktorat Jenderal IKM – Bali Creative Industry Center (BCIC), mengambil langkah strategis untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Sehubungan hal tersebut pada hari Jumat, 28 Februari 2018 Kemetrian Perindustrian RI dengan unit Pelaksana kegiatan Dirjen IKM - Balai Pendidikan Dan Pelatihan Industri Denpasar mengundang STSRD VISI dan beberapa sekolah tinggi serta studio kreatif dibidang desain grafis, dalam agenda FGD (Focuse Discussion Group) untuk menyusun kurikulum diklat program keahlian desain grafis. Penyusunan kurikulum ini diselenggakan di BCIC – BDI (Bali Creative Industry Center – Balai Diklat industri Denpasar) yang beralamat di Jl. Wage Rudolf Supratman No. 302 Tohpati, Denpasar, Bali.

Kegiatan ini bertujuan menyusun kurikulum padat yang harus ditempuh dalam waktu 30 hari. Kurikulum tersebut merupakan materi ajar bagi peserta didik BCIC - BDI, untuk bidang keahlian desain grafis khususnya Layout atau tata letak grafis untuk media komunikasi visual. Adapun kurikulum yag di susun merujuk pada SKKNI Desain Komunikasi Visual 2016.

Dalam Penyusunan Kurikulum ini BCIC – BDI mengundang Ipung Kurniawan Yunianto, M.Sn. (STSRD VISI & JOGJAFORCE – Yogyakarta Digital Art Community), Yuswantoro (Direktur PT Jitu Kreasi Utama), Drs. Ahmad Adib, M.Hum., Ph.D. (Lestude Studio & FSRD UNS Surakarta), Sudika Negara (ISI Denpasar), Tjok Bagus Suryanatha (STD Bali), I Made Martha Yusa (STIKI Bali), Hari Fuziansyah (PDC Telkom Karawang). “Kurikulum yang kami susun ini nantinya sebagai jawaban strategis untuk memenuhi kebutuhan industri desain grafis, peserta didik disiapkan dalam waktu singkat dan dibekali dengan materi yang padat, sesuai spesifikasi keahlian yang dibutuhkan.” tutur Ipung Kurniawan dosen tetap STSRD VISI Indonesia yogyakarta.