MAHASISWA DKV STSRD VISI RAIH PENGHARGAAN DI PINASTHIKA 2017

Posted by Admin. Selasa, 13 Februari 2018

Untuk kali ketiganya mahasiswa Desain Komunikasi Visual (DKV) STSRD VISI berhasil mencatatkan prestasi membanggakan, karena berhasil memboyong 3 (tiga) penghargaan kreatif, yaitu 2 (dua) piala silver atau Perak pada sub kategori Poster dan Kalender yang keduanya terdapat pada kategori Graphic Design. Selain itu juga  meraih 1 (satu) piala Bronze atau perunggu pada kategori Young Film Director, penghargaan tersebut diraih pada ajang Pinasthika Creative Festival XVIII, yang diselengarakan pada bulan Oktober hingga bulan Desember 2017.

Kehadiran Pinasthika Creative Festival ini cukup unik karena tidak hanya menggairahkan dunia profesional biro periklanan maupun advertising agency saja, namun juga memikat insan kreatif dari tingkat pemula sepertihalnya mahasiswa DKV STSRD VISI, mahasiswa tersebut tergabung dalam kelompok “TERKOYAK ASMARA” yang dibimbing Ipung Kurniawan Yunianto M.Sn, selaku dosen tetap DKV STSRD VISI.

Ajang Pinasthika Creative Festival XVIII yang diselenggarakan ini diikuiti oleh 666 peserta yang mempresentasikna konsep kreatif tiap karyanya. Semementara untuk pengumuman pemenangnya dilakukan pada Sabtu (16/12/2017) yang lalu di Monumen Jogja Kembali Yogyakarta.

Sesuai yang disampaikan Sudjadi Tjipto R. M,Ds. selaku dosen tetap STSRD VISI, “Ini adalah prestasi yang mebanggakan, karena bergengsi Nasional yang didalamnya tergabung para kreator profesional yang ahli pada bidang periklanan dan Desain Grafis”. Tjipto Raharjo menambahkan bahwa mahasiswa DKV STSRD VISI yang mengikuti ajang tersebut adalah mahasiswa pilihan, dengan kemampuan setara dengan praktisi profesional dan hal ini dibuktikan dengan pengahargaan yang telah diraih pada event tersebut.

Novan Edo (2012), mahasiswa DKV STSRD VISI mendapatkan Silver pada kategori Graphic Design sub kategori Kalender dengan karya berjudul “Berkah Sedekah Sampah”. Menurut Edo pada karya yang dilombakan “Berkah Sedekah Sampah”, adalah suatu strategi kreatif kampannye untuk meningkatkan kesadaran warga desa Klampok, Berbah, Sleman, dalam mengelola sampah sehingga menjadi salah satu cara menambah pendapatan warga dan kas desa.

Sementara itu tim Farrel dkk (DKV 2015) yang juga berhasil meraih piala Silver pada kategori Graphic Design sub kategori Poster dengan judul Karya “Kanal Yoshiro”, karya ini menceritakan Strategi Sultan Hamengku Buwono IX yang memperjuangkan rakyat Yogyakarta supaya terbebas dari kerja paksa Romusha pada masa penjajahan Jepang dengan membangun selokan mataram.

Untuk piala Bronze diraih oleh tim M. Ariffin dkk (DKV 2014), dengan kategori Young Film Director dengan judul “Warisan kebencian”. Karya tersebut menceritakan tentang rivalitas suporter sebak bola yang turun temurun dipupuk demi sebuah kebanggaan yang tanpa disadari justru dapat menjadi pemecah persatuan bangsa. Arifin menegaskan bahwa “Brief” pada kategori ini telah ditentukan panitia dengan tema sepak bola, dan kemudian peserta dituntut untuk memberikan wacana ataupun solusi kreatif untuk menjadikan semangat sportivitas sepak bola sebagai sarana pemersatu bangsa.

“Presatasi kali ini bukan hanya capaian individu ataupun kelompok, tetapi ini adalah prestasi almamter, terlebih untuk mengharumkan dilisplin Ilmu Desain Komunikasi Visual.  Selain itu penghargaan ini juga menjadi salah satu indikator dalam mengembangkan kemampuan dan pengalaman sebagai pintu gerbang untuk mendapatkan pekerjaan pada bidang Graphic Design maupun Periklanan, kami berharap prestasi ini akan memicu semangat berkompetisi bagi adik-adik angkatan” ungkap Wahyu Wijanarko (DKV 2014) tim Young Film Director.