PAMERAN LOGO BATIK UMKM YOGYAKARTA (DKV 2 D3)

Posted by Admin. Selasa, 20 Desember 2016

Daerah Istimewa Yogyakarta merupaka salah satu provinsi di Indonesia yang memproduksi batik dengan motif khas . Kebanyakan produksi batik ini dimotori oleh Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Sesuai dengan visi dan misi STSDR VISI yaitu menciptakan kreativitas untuk membuat perubahan positif, mata kuliah DKV 2 program studi D3 DKV mengangkat UMKM Batik untuk tugas akhir mata kuliah ini.

BATIK, FROM LOCAL TO GLOBAL” merupakan tema dari pameran Logo Batik UMKM Yogyakarta dari hasil tugas mata kuliah DKV 2 D3 yang dilaksanakan di GALERI VISI pada rentang waktu 20 – 24 Desember 2016. Pameran ini dihadiri oleh Ketua DPP IWAPI Yogyakarta, pengrajin batik UMKM Yogyakarta, dosen DKV 2 D3 (Ibu Helga Korda, M.Sn. dan Bapak Budi Yuwono, M.Sn.), mahasiswa D3 DKV serta mahasiswa DKV STSRD VISI.

Pameran dibuka oleh Ketua Dewan Perwakilan Daerah Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia Yogyakarta (DPP IWAPI) Ibu Budhi Hastuti pada hari Selasa, 20 Desember 2016 pukul 13.00 WIB. Ibu Budhi dalam pidato pembukaan pameran berharap akan adanya kerja sama antara mahasiswa desain komunikasi visual dengan para pengrajin batik UMKM Yogyakarta karena ketrampilan mahasiswa desain sangat dibutuhkan oleh UMKM dalam hal desain logo, packaging dsb, hal ini disebabkan UMKM hanya bisa produksi barang.

     

Pada pameran ini karya dipamerkan berupa desain logo berikut aplikasinya pada shopping bag, label harga, kwitansi, kartu nama, packaging dan brosur. Dengan adanya pameran ini diharapkan karya mahasiswa dapat bermanfaat untuk branding UMKM Yogyakarta khususnya produk batik serta dapat membina kerja sama antara mahasiswa/lembaga dengan UMKM/IWAPI.