Prakerin / PKL SMK

PEDOMAN PELAKSANAAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN) DI STSRD VISI


KETENTUAN

  1. Praktek Kerja Industri  (PRAKERIN) adalah program terjadwal dan terstruktur di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sebagai bagian dari pelaksanaan kurikulum SMK berupa kegiatan praktek kerja lapangan yang dilakukan oleh siswa.
  2. Praktek Kerja Industri  (PRAKERIN) di STSRD VISI adalah kegiatan praktek kerja lapangan yang dilakukan oleh siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dari jurusan Animasi, Multimedia, Grafika, Audio Visual, atau Desain Komunikasi Visual di kampus STSRD VISI dan dilaksanakan sesuai dengan ketentuan, syarat, dan prosedur yang ada.
  3. Peserta PRAKERIN di STSRD VISI adalah siswa SMK yang berstatus aktif dan direkomendasikan serta dikoordinasi oleh pihak sekolah asal.
  4. Jumlah keseluruhan peserta untuk satu agenda / periode pelaksanaan PRAKERIN di STSRD VISI minimal 5 (lima) siswa dan maksimal 10 siswa, yang dapat berasal dari 1 (satu) sekolah asal atau kolektif gabungan dari beberapa sekolah asal.
  5. Jadwal waktu agenda pelaksanaan PRAKERIN di STSRD VISI ditentukan sesuai kesepakatan antara pihak sekolah asal dengan pihak STSRD VISI dan dilaksanakan minimal 30 jam per minggu selama minimal 2 (dua) bulan dan maskimal 3 (bulan) pelaksanaan.
  6. Setiap siswa / peserta PRAKERIN dikenakan Biaya Pendaftaran dan Biaya Kegiatan PRAKERIN, adapun pembayarannya dikoordinir oleh pihak sekolah asal.
  7. Biaya Pendaftaran dibayarkan 2 (dua) minggu sebelum pelaksanaan PRAKERIN.
  8. Biaya Kegiatan dibayarkan 1 (satu) minggu sebelum pelaksanaan PRAKERIN.
  9. Selama pelaksanaan kegiatan PRAKERIN, siswa / peserta PRAKERIN akan mendapatkan fasiltas penunjang kegiatan PRAKERIN.
  10. Sistem evaluasi dan penilaian terhadap kinerja siswa / peserta diberikan selama proses pelaksanaan dan pada akhir pelaksanaan dengan menggunakan sistem yang disesuaikan dengan sistem evaluasi dan penilaian dari pihak SMK.
  11. Piagam / sertifikat dan nilai akan diberikan setelah pelaksanaan kegiatan PRAKERIN selesai sesuai jadwal yang ditentukan.

ALUR KEGIATAN

SYARAT DAN PROSEDUR

  1. Calon siswa / peserta PRAKERIN berstatus siswa aktif dan direkomendasikan oleh pihak SMK asal.
  2. Calon siswa / peserta PRAKERIN tidak buta warna, tidak merokok, dan bebas narkoba.
  3. Setiap kelompok bisa menyiapkan minimal 1 (satu) Laptop dan 1 (satu)  kamera.
  4. Pihak sekolah asal (SMK) mengajukan surat permohonan PRAKERIN siswa yang ditujukan kepada Ketua STSRD VISI dengan mencantumkan daftar nama siswa yang akan menjadi peserta dan waktu pelaksanaannya.
  5. Membayar Biaya Pendaftaran 2 (dua) minggu sebelum pelaksanaan PRAKERIN.
  6. Membayar Biaya Kegiatan 1 (satu) minggu sebelum pelaksanaan PRAKERIN
  7. Melaksanakan PRAKERIN

MATERI DAN FASILITAS

  1. Materi Orientasi :
    • Menggambar (gambar bentuk, gambar sketsa, teknik tracing dan rendering) Fotografi dan Video (Teknik Kamera, tata cahaya, dan Editing)
    • Animasi (Animasi Kartun, Animasi Stop Motion)
    • Desain Grafis untuk  Praktek Grafika (Cetak Saring, Grafika Digital)
  2. Materi Penugasan Pokok : Membuat karya yang sesuai dengan materi orientasi.
  3. Penugasan Lain (praktek display karya, praktek perawatan peralatan grafika, dll)
  4. Fasilitas:
    • Modul Materi Orientasi.
    • Bahan habis pakai (kertas gambar A3 5 lb, bahan warna cetak saring).
    • Sertifikat.

BIAYA

  1. Biaya Pendaftaran Rp. 25.000,- per siswa
  2. Biaya Kegiatan Rp. 300.000,- per siswa