Sejarah SEKOLAH TINGGI SENI RUPA DAN DESAIN VISI INDONESIA

SEKOLAH TINGGI SENI RUPA DAN DESAIN VISI INDONESIA atau lebih dikenal dengan nama STSRD VISI bermula dari pendirian Lembaga Pendidikan Khusus Desain Grafis"Visi Art & Graphic Design School" (2 Mei 1994) yang bernaung di bawah Yayasan Pendidikan Visi Indonesia (YPVI). Konseptor awal sekolah desain grafis ini adalah beberapa dosen ISI Yogyakarta, bekerjasama dengan praktisi profesional dibidang percetakan (grafis), periklanan, fotografi, dan komputer grafis melihat adanya kesenjangan antara kurikulum pendidikan desain dengan kebutuhan tenaga ahli/praktisi dalam industri desain/periklanan/Fotografi. "Visi Art & Graphic Design School" kemudian berganti nama menjadi "LPK Visi Yogyakarta". Sambutan positif masyarakat akan keberadaan LPK VISI serta tuntutan dunia industri yang semakin tinggi, menjadikan "LPK Visi Yogyakarta" kemudian berkembang menjadi Akademi Desain Visi Yogyakarta (ADVY) pada bulan Oktober 1997, yang selanjutnya dikukuhkan sebagai hari ulang tahun/Dies Natalis VISI. Kepercayaan masyarakat akan kualitas pendidikan desain di ADVY dan tuntutan dunia industri desain yang semakin tinggi mendorong ADVY tumbuh dan berkembang menjadi Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain Visi Indonesia (STSRD VISI) pada tahun 2008 dan menempati Kampus baru di pusat kota Yogyakarta, tepatnya di jalan Taman Siswa 150 B, Yogyakarta.



Creativity for Positive Changes “Kreativitas untuk perubahan Positif”

Kalimat sederhana ini menjadi tolak ukur keberhasilan pendidikan di STSRD VISI, kami mengharapkan mahasiswa tidak hanya mampu menciptakan karya DKV yang kreatif semata, tetapi harus aplikatif dan memberi sumbangsih positif yang bermanfaat bagi masyarakat luas, khususnya bidang Pariwisata & UMKN (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) di Indonesia.




Galeri Visi

Salah satu fasilitas unggulan DKV VISI adalah ketersediaan ruang pameran yang representatif di GALERI VISI. Galeri yang menyatu dengan kampus STSRD VISI (lantai 1) dikhususkan hanya untuk pameran karya DKV dan karya Fotografi. Dalam aturan penggunaannya hanya karya terbaik/semester yang dapat dipamerkan di sana.


Visi

M

Pada tahun 2024 menjadi Perguruan Tinggi desain yang bercirikan budaya Indonesia , berbasis riset, teknologi, humanis, dan ramah lingkungan, serta memiliki daya saing tingkat ASEAN.

Misi

V

  1. Menyelenggarakan penelitian berbasis budaya lokal dalam konteks desain global humanis, dan bermanfaat bagi lingkungan
  2. Menyelenggarakan pendidikan desain yang memberi nilai tambah pada potensi lokal agar mampu bersaing tingkat ASEAN
  3. Menyelenggarakan pendidikan desain berbasis teknologi informasi
  4. Mengembangkan budaya kreatif dan santun berlandaskan nilai-nilai budaya bangsa Indonesia dalam penyelenggaraan pendidikan

Tujuan

H

  1. Menghasilkan sumber daya manusia yang memiliki kemampuan menghasilkan karya desain yang kreatif dan humanis
  2. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengangkat potensi budaya lokal dan memberi nilai tambah bagi masyarakat dan lingkungan
  3. Menyelenggarakan pendidikan desain yang mengacu pada standar pendidikan Nasional untuk menuju standar ASEAN (AUN Quality Assurance (AUN QA))